4 Sebab Pentingnya Asuransi

By November 1, 2018 Kesehatan

Mungkin kita sering bertanya apa pentingnya Asuransi Jiwa? Pentingkah memiliki polis asuransi jiwa?

Pertanyaan tersebut biasa kita dengar terutama dari orang-orang awam yang kurang paham asuransi. Bagaimana mungkin kita bisa menganggap sesuatu itu penting jika mengenalnya saja kita belum pernah.

Untuk itu mari kita bahas secara singkat apa itu asuransi jiwa.

Asuransi jiwa adalah Asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Dalam asuransi jiwa banyak resiko yang harus dihadapi, yaitu:
• Resiko Kematian
• Hidup seseorang terlalu lama

Risiko Kematian

Saat meninggal tentu ada keluarga yang kita tinggalkan. Ada biaya yang harus kita keluarkan untuk pengurusan jenazah dan kebutuhan lain. Siapa yang akan menanggung jika kita sudah meninggal? Mari kita jawab masing-masing.

Risiko Hidup Terlalu Lama

Ternyata terlalu lama hidup juga termasuk risiko. Sebab semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan. Dalam hal ini asuransi yang bersifat endowment sangat penting kita miliki

Baca Juga  Mau Haji dan Umrah dengan Nyaman?

Berikut sebab pentingnya memiliki asuransi jiwa:

1. Kematian Bisa Datang Kapan Saja
Kematian merupakan hal yang pasti. Pertanyaannya kapan kematian itu datang? Tidak ada satupun yang bisa menjawabnya. Sebab itu adalah rahasia Allah. Tugas kita hanyalah mempersiapkan bekal kematiannya.

Pernahkan kita pikirkan bagaimana jika sebagai tulang punggung keluarga tiba-tiba meninggal? Siapa yang akan membiayai hidup keluarga setelah peninggalannya?
Itulah pentingnya memiliki polis asuransi jiwa. Kita akan lebih tenang saat memiliki polis asuransi jiwa, sebab biaya setelah meninggal seperti biaya perawatan jenazah atau bahkan sisa hutang yang belum sempat terbayar bisa dilunasi dari uang asuransi jiwa yang kita miliki.

2. Perlu Adanya Ketenangan Untuk Meninggalkan Keluarga Tercinta
Dengan pastinya datang hari kematian, maka perlu adanya jaminan atas keluarga atau ahli waris yang akan kita tinggalkan. Saat kita memiliki polis asuransi jiwa maka kita akan lebih tenang sebab ahli waris akan mendapat santunan asuransi dari polis asuransi jiwa yang kita miliki jika kita meninggal dunia.

Baca Juga  Jakarta dan Kemacetan

3. Sebagai Alternatif Investasi
Investasi merupakan sektor yang paling menjanjikan untuk mendatangkan profit/ keuntungan. Dengan adanya produk yang berunsur investasi pada asuransi, maka menjadi alternatif investasi yang dapat kita pilih. Keunggulan investasi pada produk asuransi adalah kita akan mendapat tambahan proteksi/ perlindungan jiwa saat kita meminggal. Selain itu tentu akan mendapatkan hasil pengembangan dana yang kita investasikan pada produk asuransi.

4. Mempersiapkan Masa Depan Sejak Awal
Masa depan yang kita miliki tergantung bagaimana kita mempersiapkannya. Hidup memang selalu punya rahasianya sendiri. Sama Seperti musibah atau kecelakaan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana terjadi. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang kita buat.

Untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi di masa depan, akan sangat penting mempersiapkan polis asuransi jiwa sebagai solusi permasalahan yang menimpa.

Leave a Reply